Minggu, 10 Agustus 2014

BoeBoe

Well, sebenernya gua ogah nulis2 cerita. Secara kadang ide gua stuck, alias macet di tengah jalan. Kadang hal itu bikin gua BeTe sendiri. Hahahaha #modus. (sebenernya gak bakat nulis)
Tapi dalam buku ini gua bakal mencoba untuk gak stuck (semangat). Secara ni buku gua tulis dan tempel2 buat dua orang yang bener2 berarti dalam hidup gue (lebay parah…). Dua orang ini yang bikin gua berubah banyak. Mereka yang ngarahin gua ke jalan yang benar (yah.. macam peta lah mereka).

Sebelum gua molai cerita, gua mau jelasin dulu, kenapa tema warna ni buku merah. Ini karena buku ini edisi boeboe. Dia sukaaaa pake banget sama warna merah. Padahal kalo boleh dibilang, warna merah tuuuuu gak cocok banget sama dia. Hahahahahaha (maap boe). Gimana mau dibilang cocok broo, lhawong kulit dia tuh sawo mateng, tapi yang mateeeng banget mendekati busuk tuhh hahahahaha. Makanya kalo dia lagi pake baju atoo aksesoris yang warna merah, gua ketawa2 sendiri… hahahaha

Udahlah gausah banyak cingcong,, check this out.
Well, nama gua amalia rachmawati soewarno soemomardiro pawirodiharjo. Biasa dipanggil ammal. Gua asli sidoarjo, kabupaten paling controversial di jawa timur :p. ni cerita berawal pas tahun 2010, sekitar bulan juli lahhh. Tuh bulan sacral broo.. karena Tuhan ngehukum gua dengan terdampar di pulau tandus, ekstrim, kering dan sepiii bernama Madura (alay gak sihhh… #ala bu suci). Hahahaha.. pas hasil pengmuman snmptn keluar, dan nama gua tercantum disana. tepat lurus dengan sebuah nama universitas yang gua harap adalah gadjah mada… ehh ternyata trunojoyo (eaaaa…).

Tapi jujur aja, pas pengumuman gua nangis broo… gua nangis soalnya gua bisa bikin ibu bapak gua bangga, gua bisa masuk PTN ngalahin berjuta2 peserta di seluruh indo J gua nangis soalnya gua bisa bayar jasa mas gua yang wara wiri demi ngurusin kuliah gua (secara gua anak mami, semuanya harus diurusin), sumpah pengorbanan mas gua tuh gak ada duanya.

Tapi setelah nangis terharu, ati gua muai nangis mirisssss… imajinasi hyperaktif gua mulai bayangin hal2 yang nggak2 broo… yang pertama dan paling krusial jelas gua ngekost lah di Madura. makan cari sendiri, nyuci juga sendiri. Pokoknya hidup gua bakalan bedaa. Gua yang selalu sembunyi di ketiak mas2, bapak, ibu gua, harus menghadapi dunia ini sendirii… (sumpah alay)

Bayangin broo, gua terbiasa hidup dengan Manusia, dikelilingi tembok, jalanan rame, mau beli apa tinggal nelangkahin kaki keluar rumah. Nah ini nih di Madura, gua temenan sama jangkrik, ular, setannn (Madura mistis broo), kosan gua dikelilingi kebun yang dipenuhi semak2 kurang kerjaan yang tumbuh seenaknya. Jalanan disana yaa, lewat sholat isya tuh bisa dibikin lapangan sepak bola… sepiii gilakkkk (tapi anehnya sering banget kecelakaan, ini yang begok jalannya atau yang nyetirr??). gua disana banyak puasanya, hahahaha… makanan disana gak enak, perut gua pernah demo gara2 pertama kali nge-taste makanan disana. parahnya lagi, pengen ini itu harus ke kotanya dulu, apaan… sumpah, kesiksa banget, mana transportasi gak ada (gua gak bisa naek motor… nasib anak cewek terakhir). Mas gua aja pas waktu pertama kali nganter gua bilang “kamu mau jadi teroris disini?” aghh nyebelinnnn. Hidup gua terisolasiiii
Huaahhh… untungnya hidup gua dipulau nan kejam ini mulai terasa menyenangkan saat gua kenal seekor makhluk bernama… “iies manies iank optimies” (nama efbe.nya sumpahhh bikin gua merinding, fitnah tuuu :p).

Dia lahir dua hari setelah gua, 27 agustus 1992 (mungkin karena takut sama gua, makanya lahir belakangan) aslih produk pamekasan. Anak ketiga dari empat bersaudara (kalau boleh bilang, dia paling aneh diantara sudara2nya… hahahaha) anak dari bu hasa dan pak kuncung. Dia pemakan segalaa, apa aja dia suka… hahahaha (11 12 sama gua). Yang lucu adalah dia dulu pernah cerita kalau sebenarnya dia tuh udah game over alias meninggal. Pas baru lahir dia gak nangis, badannya biru. Tapi setelah dipukul pake daon jarak, ehhh dia hidup (mungkin ini pnyebab kenapa dia suka makan daun #sapi… ehhh).

Awaalll banget kenal sama si iis tuh pas semester1, pas pusing2nya nginget jadual kelas, mata kuliah, sama dosen. Hahahaha pas ospek jurusan, tempat dimana gua udah kenal sebagian besar anak 1jurusan, gua bener2 gak sadar kalo dia anak sasing. Baru tau pas kita satu kelas (parahh).

Gua tau iis dari temen 1 kost dan 1 jurusan, namanya wati, doi sama2 asli pamekasan. Well, teknisnya si wati ini beda kelas gitu sama gua, jadi meskipun kita satu kost, kita jarang bareng ngampus…
Awal kuliah sebenernya gua mesti berangkat bareng sama ririn, ika, dan noven, jalan kaki. Pas pertama kenal kita langsung cocok, mungkin karena kita sama2 terisolasi :p hahahaha. Tapi kemudian si ririn bawa motor, tiap harii gua bareng dia. Lama2 gua bosen juga, lagian gak enak sama ika, noven. Masa gua enak2 naek motor mereka jalan. Senggaknya pas gua gak bareng ririn, si ika sama noven kan bisa boncengan bertiga.

So, singkat cerita gua nyarik temen buat jalan kaki… nah kebetulan si iis nihh jalan juga. Gua sering merhatiin dia, ksiaaan banget… panas2 jalan sendirian gituuu. Jujur pertama kali gua merhatiin dia, yang ada dikepala gua cuman “gila ni anak, aneh parah” hahahaha

Bayangin aja brooo… secara dia cewek ya, pake kerudung. Lo tau gak celana apaan yang dia pake? Celana army broooo… gilak ni anak, berani juga eksplorasi mode. Setau gua nih yaaa… celana army itu biasanya dipake sama cowok petualang, kalo gak gitu bapak2 (secara bapak gua juga punya celana model ntu) okelah, celana armynya sih gak aneh, sebenernya keren, cool, maskulin gituuu.. tapi yaa jangan dipaduin sama baju cewek gituu atuhh, pake kerudung pula… aish… bisa bayangin gak lu broo, ples dia pake tas ransel daan spatu sport (gua inget banget warnanya coklat, merek spacy kayaknya)

Tapi gimanapun juga, gua suka orang tipe tipe kayak si iis nih… mereka berani menjadi diri mereka sendiri, pede, gak peduli pendapat orang (ehhh… pas gua kenal deket ternyata dia minderan #penipu hahahahahaha).

Akhirnya gua pun berangkat ngampus, pulang ngampus bareng sama dia. Jalan kaki. Jarak kosn kita ke kampus tuh sekitar 500m lah, itu cuman sampe gerbang. Belom sampe gedung rkb tempat kita kuliah. Bayangin aja yaa… kampus gua tuh HUTAN pake N. so pasti luas banget, nah jarak dari gerbang ke gedung Rkb B itu sekitar 500m juga. Kalo ditotal tiap hari kita tuh jalan 2 km! itu belom kalo ada kegiatan kampus. Bisa bolak balik berkali2. Yahh gak heran lah kalo kaki kita pada bengkak kayak gajah :p
Tapi kalo dpikir pikir, perjalan kita tiap hari tuh selalu penuh dengan dosa. Adaaa aja yang diomongin. Ngegosip lah, dengerin lagu, bikin list orang orang ganteng, cowok idaman, buaaanyyaaaakkkkkkk
Duluu dia tuh namanya bukan iis tapi “cuy” (waktu itu sapaan yang lagi booming tuh “cuy”… apaan cobaa. hahahaha). Semuaaa orang satu kampus dipanggil ‘cuy’ sama dia, diikutin sama nama orang itu. Cuy amal, cuy nita, cuy wati, cuy ipeh, cuy monik. Byuhhh dasar ni mahluk satu yak.

Kalo boleh bilang, selera music orang satu nih, lumayan buruk. Masa dia ngefans sama afgan?? Hellooo….. iyaa, afgan sii banci tuh. Kamar kostnya ada poster afgan, sampe nama efbe dia dikasih ‘afganisme’ di belakangnya. Apaan cobak hahahahahaha…. Tapi yaa hak dia sih.

Gua banyak belajar sama orang ini. Kalau boleh dibilang sih, sifat kita bertolakk jauhhh banget. Tapi kebanyakan sih gua yang negative, dia yang positif. Hehe jujur nih (aduuhhh… sebenernya gua males ).
Dia ituu aer, gua api broo.. dimana mana, gua selalu berfikiran negative sama orang lain.. hahahaha macem suudzon gitu deh. Tapi dia yang selalu bilang “ah.. mungkin ini… ah mungkin gituu… bla bla bla” sok sok bikin suasana cool gitu dia. Hahahaha tapi sebenernya gua tau, jauuhhhh di lubuk hatinya yang terdalam, dia punya sisi suudzon yang separah gua :v tapi yaa mungkin dia gak terlalu ekspose seekstrim gua sih broo.. gua akuin itu J hehehehehe

Pengalaman sama dia????
Ummm buanyakkk lahhh hahahahaha, bingung nyebutin atu atu. Ditambah lagi gua punya penyakit kronis pelupa. Hehe

Iis ituuu gak pernah mau main ke kost gua. Segudang alesaann kalo diajak maen ke kosan. Maunya dia gua yang ke kosan dia (dasar cewek, sukanya diapelin -_-). Dia selalu beralasan kalau suasana kosan gua tuh gak asik lah, individualis lah, ibu kos gua jahat lah. Apaan?? Alesan luuuu :p bilang aja males boeee. Pokoknya dia hamper gaakk pernah maen.

Tapi saudara saudara, ada kalanya dia bela belain nginep di kosan gua. Bahkan dia rela bawa segala macem makanan dan camilan buat gua.. tau kapann saudaraaa???????

Yappp seratuss.. pas ada ujian take home nya BU. SUCI. Dosen paling cinta sama sesuatu yang panjang panjang. Entah itu mata kuliah writing, introlit, helit, apapun itu pokoknya take home mata kuliah Bu Suci, si gendut satu ini tanpa diminta pasti ngerajuk minta nginep di kosan gua …. Hhahahahahaha. Dasarr gendut :v
Tapi sih ya, meskipun dia nginep tetep aja gak konsen ngerjain. Lhawong kita isinya nge gossip, ngeluh, curhat. Hahahaha. Apalagi ditambah ada wati.. buhhh lengkap binti marlengkap dah pokoknya.

Gua pertamakalii kuliah tuh bawa sepeda gitu sob.. gua ngerajuk ama bapak ibu, masa gak kasian liat anaknya jalan bolak balik kampus.. dan meskipun bukan motor, gua dibawain sepeda. Hohoho asekk. Yah secara ya, gua anak terakhir, pegang kunci motor doang sob, itu udah diceramahin berjam jam. Yang bahaya lah, yang takut ada apa2, yang jalanan rame apalah.. yah namanya juga orang tua pasti kawatir sama anknya. Apalagi yang semanis, sekeren gua \o/

Tuh kan mulai ngelantur. Hehe maklum gen sebagai mak mak komplek mengalir deras dalam darah gue. Hahaha. Oke sekarang kita fokus pada kisah gua lebih tepatnya kenangan gua dengan makhluk astral bernama iis.

Hehe sebelumya maaf kalau kronologis ceritanya agak berbeda. Kan ini versi gua, mau dibikin kayak apa ya terserah gua. Kalo gak terima, nulis aja sendiri sanaa… hahahaha tapi yang pasti. Kisah ini bukan fiktif belaka, apabila ada kesamaan nama tokoh dan kejadian bukanlah sebuah kebetulan. *nahloo*
·        
Music dan headset
Music, bagi gua adalah semangat, emosi, sahabat. Dengan dengerin music, gua merasa dunia ini khusus dibangun buat gua. Gua bisa ngerasain jatuh cinta (meskipun gaa pernah.. hahaha), gua bisa ketawa ketawa sendiri, nagis kaya orang kesurupan waktu dengerin dan menghayati lagu. Emang semua orang bakal bilang gua lebay, aneh, gila. Termasukk ni makhluk astral hahahaha.

Dia selalu nyerah kayak maling ketangkap basah kalo gua udah ngomongin laguu. Dan kata katanya yang gua inget adalah “iyahhh lemmm duniamu…” hahaha. Eh tapi gua inget banget loo.. waktu pertamakali kenal, kita kan jalan kaki ke kampus tuh. Gua sering share lagu ke dia.

Pertanyaan yang sering gua tanyain dulu tuh “eh cuy, kamu tau penyayi ini?” dann bisa ditebak, jawabannya selalu “nggak” hahaha. Trus mulai deh aku share lagu, kita dengerin music bereng. Pake headset berdua kayak orang pacaran. Hahahaha… kita dengerin lagu, jalan kaki, dan dasar kita emang sama sama usil yaa, kita nendangin kerikil dari depan kampus sampe nyampe kostt. (Kasihan sepatu gua brooo….). lagu favorit iis dulu itu taylorswift yang speak now. Sama avril yang I love you. sambil denger lagu berdua juga, dulu kebetulan kita ketemu sama idola gua. Namanya Deny, dia jalan di sisi kanan jalan, gua sama iis di kiri jalan. Seneeenggg banget rasanya waktu itu, bisa ketemu deny. Waktu itu, lagu yang kita puter avril yang for real J

gua juga inget, duluuu pas headset gua pernah rusak. gua gabisa dengerin lagu pake headset lagi.. rasanya dunia tuh hancur, separuh jiwaku pergi, *sumpah lebay* tapi emang iya kok :p… gua minta anterin dia beli headset.

Tau gaakkk belinya dimana??? Kita musti ke kamal brooo… emang dasar kampus terisolasi, nyarik apa apa sulitnya minta ampun. Gua masih inget tokonya. Madurodam. Aneh kan nama tokonyaa?? Seaneh pulaunya dan penghuninya (makhluk astral ‘iis’) hahahahaha….. eh sampe sekarang headsetnya masih ada looo J meskipun uda rusak sih, kotaknya juga masih ada. Hahaha harganya pun gua masih inget 25 rebu :D hahahaha kalo urusan duit gua gak pernah lupaa… untuk satu ini, gua mau bilang makasih buat makhluk astral bernama iis J

Adaaa lagi yang bikin ati gua nge jlebb broo…. Dia pernah ngetag gua status efbe. Isinya kurang lebih “aku suka music, karena terkadang dia mengatakan sesuatu yang kurasakan tapi tak bisa ku katakan”.. well boee.. thanks for understanding me so well. :’)

·Antara kota dan sawah
Okee fine. Gua ngaku. Sebenernya gua juga makhluk astral. Gua aneh hahahaha tapi tetep keren dan berkharisma :v.

Gua udah cerita kan kalo gua tuh terbiasa hidup dikeramaian. Yahhh bukannya sok kota sih (iis selalu bilang gua sok kota -_-). Tapi yaa kalo dibadingin, rumah gua lebih kota daripada kampus gua. Tapi, meskipun gitu, tempat favorit gua bukan mall, taman kota, kafe, diskotik, tempat karaoke, atau apapun itu yang berbau kota. Hahaha

Gua lebih suka sawah, kebun, laut. Pokoknya yang berangin sepoi, tenag, hijau, segar. Yah, sebenernya, diasingkan di ppulau horror ini gak selamanya buruk sih. Gua jadi lebih dekat dengan alam, hahaha alam ghoib pun gak ketinggalan.. (ketawa luu -_-).

Gua seriiinggg banget maksa iis buat nemenin gua kesawah. Padahal gua tau, sebenernya dia bosen. Tapi biarin, yang penting gua seneng hahahahahaha. Dulu kita pernah bantuin ibu ibu cabutin rumput di kebun deket kosan iis.

Ceritanya pas waktu musim ujian. Biasa… cuman mata kuliah structure yang sukses bikin gua galau. Hari itu gua kosong banget. Gua sms iis ngajak kesawah, eh dia nge iya.in hahahaha berangkat dah gua ke kosan dia. Kita beli roti buat bekal (sok sok an bawa bekal, kaya mau pergi jauh, padahal sawahnya disebelah kosannya dia).

Kita punnn sukses bantuin ibu ibu itu cabutin rumput. Dasar gua begok ya, yang gua cabut malah taneman kedelainya. Hahahahaha… gabisa bedain mana rumput hama, mana taneman kedelai. Wkwkwkwk… :D tapi satu mimpi gua udah terwujud berkat iis. Gua emang punya mimpi main dikebun. Pengen tau gimana kerja dikebun. Makasih boeeee :*
·
 Touring sepeda
Gua tau broo, sebenernya iis tuh nge fans sama gua. Gara garanya gua berani kuliah bawa sepeda. Hahaha ditambah lagi meskipun gua bawa sepeda, gaya gua tetep keren (ngakuuuuu…. :p). dan biar gua gak sendirian, gua rayu deh si makhluk astral buat bawa sepeda… biar kita bisa naik sepeda bareng.. hahahaha. Dan dia bawa sepeda beneran broooo…

Banyak kenangan sama yang namanya sepeda. Haha yang paling lucu tuh yaaaaaa… kan sepedanya iis dititipin ke kosan gua.. trus kita tinggal kemana gituu… eh paginya, dudukan sepedanya iis dicemongin pake kapur sama ibu kos gua.. hahahhahaha emang dasar ibu kos gua tuh agak kejem orangnya. Tapi ya mo protes gimana, lhawong itu kosan dia. Sejak saat itu, si makhluk astral dendam sama ibu kos gua. (sikap ngalah iis mulai ilang sejak kenal gua *pengaruh buruk*)

Nasib sepeda kita buruk banget.. hahahaha. Kita kan sering pulang, nah sepeda kita tetep stay di kost. Sooo pasti dipake anak anak, dannn mereka semua tidak bertanggung jawab -_- sepeda kita dirusakin mennn dan gaada yang ngaku. Yah, kita cuman ngedumel sendiri. Mau marah gimana, hidup dikos ya emang gitu, harus banyak ngalahnya.

Sekali tempo, pernah iis minjem sepedanya mbak sunar, kita berdua touring sepeda. Jauuuhhhh sampe kamal, masuk ke perkampungan, hutan jati, tempat angker, sekolah yang bangunannya hampir roboh. Nyapa anak kecil yang berangkat ngaji J sumpah, bagi gua itu pengalaman pertama touring sepeda. Exploring kamal.. bagi gua itu pengalaman yang indah dan gak bakal gua lupa (mata gua mulai berkaca kaca pas nulis ini… J). Pulangnya kita istirahat di gardu deket masjid dibawah pohon unik yang rantingnya lurus kayak paying. Kata iis nama pohonnya “Ketapang” itu pertama kali gua tau pohon yang namanya ketapang. Ada buahnya brooo. Dia pecahin buahnya buat gua, katanya rasanya kayak kacang, gurih gitu (dikibulin atau gak gua yaaa -_-). Dan itu buah gua makan juga… gak ada rasanya boeeeee

Sepulang touring, kaki gua sakiiitttt… buat jalan nyut nyutan. Hahaha dasar gak pernah olahraga pake gaya segala touring jauh.
·        
Tragedy Halik dan Mahdar

Hahahahaha…. Ini salah satu kejadian gokil buat gua… hahahaha
Waktu itu ada kuliah siang, kita jalan panas panas, lemeeeessss banget. Eh, ada temen kita namanya Mahdar (dia kalo udah ngomong gak ada ujungnya, mbulet). Dia ngebarengin kita. Kita awalnya ragu, takut motor mahdar rusak. Kan kita berdua ukuran gajah. Hahaha tapi akhirnya kita mau, iis naek duluan. Nah pas kaki iis baru sebelah nagkring di motor mahdar, si Halik dateng (dia juga temen kita, tapi kita takut sama dia.. hehe soalnya dia kayak punya super power gituuu :p). dannn tau gak gimana ekspresi iis ????

Gua masih nget banget dia bilang “Halik cuyyy” trus buru buru nangkring ke motor mahdarr. Hahaha ekspresinya tuhh lucuuuu buangeettt, masih terpatri jelas di memori gua. Lalu Gua dengan sepontan narik si iis buat turun. Gua gak mau dibonceng halik, iis juga ogah. Jadilah kita berebut mahdar (pasti waktu itu mahdar udah ke GeEr an direbutin dua cewek cantik). Dan halik, dengan wajah innocentnya menunggu dengan sabar diatas motor kuningnya (lupa merek apaan hahaha). Tapiii akhirnya sii iis bersedia turun dan dibonceng sama halikk. Hahahahaha di atas motor gua ketawa kepingkal pingkal.
Saat ini kalo inget gua juga masih ketawa sendiri… gua kangen masa ituuuu
·        
Tragedy Betty

Hahaha. Ini pertama kali gua tengkar sama iis. Lucu juga sih, emang gua ngaku, waktu itu yang salah gua. Hahahaha gua suka maksa maksa kann… ceritanya gini brooo
Duluu (gua lupa semester berapa), ada rental buku yang baru buka. Bagi gua itu bagaikan surga di tempat gersang kayak Madura. gua emang suka tempat yang ada banyak bukunya brooo (sombong dikit :v)

Gua sama iis kan pulang kuliah tuh. Nah pas dikampus udah janjian (sebenernya gua maksa, tapi akhirnya dia bilang iya.. yaudahhh ) kita mau ke betty, nyari buku. Nah, trus gua sms dia, katanya bannya bocor. Ya gua dengan polosnya bilang “aku kasian bannya, gak kasian kamu” padahal gua niat becandaa.. gilak emang cewek sensitive parah. Eh dia marah gak jelas brooo.. smsnya sewot bangeeettt. Dia juga pasang status efbe. Gilaakkkk alay parah ni anak kalo marah.. wong ya gak jadi berangkat ke betty. Dasarrr monyettt :v hahaha

Tapi keesokan harinya kita udah baikan kok. Gak mungkin lah dia betah ngambek lama lama sama orang se keren gua. hahahahaha

to be continued..............................

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. yg mendadak suka nulis pngalaman iku byasa'e mulai menuju status "tua", haha

    BalasHapus
  3. kayak pesan2 terakhir gitu ya -_-
    ahhhh... itu hanya mitoss :p

    BalasHapus