Senin, 30 Januari 2023

CPNS an 2018 - Kementerian Agama

well, setelah sekian purnama tidak posting apapun disini. Kali ini gue akan sedikit membagikan cerita yang InshaaAllah mudah mudahan bisa bermanfaat hehe
jujur gue insecure ketika mau menulis ini. karena gw ga ngerasa hebat atau apapun itu bisa lolos tes cpns. semuanya hanya faktor luck bagi gw.
jadi semoga kalian bisa mengambil sisi positif dan membuang hal negatif dari cerita gue ini.

semua bermula waktu muncul desas desus akan dibukanya pendaftaran CPNS angkatan tahun 2018. waktu itu dan sebelum sebelumnya gue sebenernya males dan gak minat sedikitpun ikut rekrutmen jadi abdi negara. Alasan pertama karena gue udah males mikir, dan yang kedua adalah gue males ribet mengingat peserta tesnya bakal ada ber ratus ribu orang. tapi berkat rayuan gombal temen gue akhirnya, gw terpaksa ngikutin tes tes ini.

---- registrasi akun di website BKN

oke, first step adalah pendaftaran online di website BKN. gue have no idea banget untuk bikin akun BKN itu dibutuhin apaan aja. ternyata asal kita punya KTP dan ijazah, kita udah bisa daftar online haha.

kemudian tahap registrasi online ini dibutuhkan juga swafoto dengan memegang kartu identitas dan bukti telah melakukan registrasi online awal. jadi intinya waktu pendaftaran awal ini, baca baik-baik dan ikuti semua perintah yang ada di website.

---- analisis formasi kebutuhan 

second step, gw menyarankan untuk selalu memantau instansi yang kalian incar. mantau apanya nih?
yapp, formasinya. jangan mantau kaka kaka cantik atau ganteng yes wkwkwk

Informasi awal yang harus kalian cari adalah instansi mana saja yang membuka peluang untuk jurusan kalian. FYI, gue jurusan sastra inggris dan waktu itu yang membutuhkan formasi untuk jurusan sastra inggris adalah Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, beberapa PemDa, BNN dan apa lagi gw lupa..

langkah berikutnya adalah memetakan dan menganalisa peluang. Ini penting banget untuk menentukan strategi kalian sebelum apply. Jadi kalian bandingkan jumlah formasi yang dibutuhkan tiap satker. Peluang terbesar tentu saja yang jumlah formasinya banyak. Selain itu, kalian bisa menganalisa berdasarkan lokasi instansi. Menurut teori saya (kalo ga setuju gapapa wkwkwk). Biasanya instansi pusat akan lebih banyak pesaingnya dibanding daerah yang terpencil. 
setelah kalian timbang dan ukur, tentukanlah instansi yang akan kalian apply.
waktu itu gue memilih Kementerian Agama. sebetulnya Kemenag membuka 2 peluang, yakni penempatan di pusat untuk jabatan struktural dan penempatan di Jawa Timur untuk jabatan fungsional guru.

tbh gw lebih prefer jabatan struktural. Karena jurusan gw sastra murni, pengalaman kerja gw jg di kantor, dan gw buta banget akan dunia pendidikan. tapi eh tapiii gw dilema akan lokasi satkernya yang di pusat yakni Jekardah. jauh rumah dong wkwkwk

akhirnya gw memutuskan apply formasi jabatan fungsional guru penempatan Jatim. Jujur, waktu itu gw asal tembak aja wkwk. Karena gapunya bayangan untuk lulus. waktu itu yang ada di benak gw hanyalah mencari pengalaman. disaat temen-temen gw ikut tes cpns berkali-kali, jujur gw penasaran dan pengen tahu. kayak apa sih tes cpns itu. jadi gw bener-bener ga punya pikiran untuk lulus wkwkwkwk.
oiya, waktu itu formasi yang dibutuhkan ada 11 orang untuk guru bahasa inggris. tergolong sedikit dibandingkan formasi guru mata pelajaran lain. 

---- submit pendaftaran & seleksi administrasi

Sebelum submit application di website, siapkan dokumen-dokumen yang diminta dan sebisa mungkin penuhi semua dokumen sesuai dengan persyaratan (ini bisa di check di website BKN). Entah itu hal kecil seperti bentuk file, size file, kejelasan gambar, cara penamaan dokumen dst sebisa mungkin kalian penuhi dan lengkapi sesuai permintaan. 
Gw menyarankan semua soft file dokumen harus kalian siapin dulu sebelum masuk website dan melakukan pendaftaran. untuk tahap seleksi administrasi ini menurut gw yang dibutuhkan adalah ketelitian dan kesabaran. Jadi kalian harus teliti banget memahami persyaratannya. baca semua perintah dan pahami dengan baik. Karena tak jarang yang gugur di tahap awal ini hanya karena kurang teliti dalam memahami persyaratan yang diminta. 
jangan lupa untuk cek satu2 segala informasi yang kalian input di formulir pendaftaran sebelum di submit. jangan sampai salah yaaa...

Setelah apply, jangan lupa untuk selalu memantau akun sosmed BKN dan instansi yang kalian apply. Gak hanya sosmed sih, tp juga website mereka. Kalian harus selalu update informasi sampai dinyatakan lulus. gue menyarankan untuk gabung grup yang ada di telegram atau mungkin kalo zaman sekarang discord ya... pokoknya harus update.

---- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

jika kalian dinyatakan lolos seleksi administrasi, hal berikutnya yang harus kalian hadapi adalah tes SKD. langkah pertama adalah, cari tahu komponen yang dinilai dalam SKD apa saja termasuk ambang batasnya/skor minimal, jumlah soal, waktu pengerjaan, materi soal, scoring dst. ini harus kalian ketahui dengan detail. karena kebijakan setiap tahun berbeda-beda. 

biasanya komponen soal dalam SKD ada 3 yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), TIU (Tes Intelegensia Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). tapi kalau ambang batas skor tiap tahun berbeda-beda. gw sangat menyarankan kalian untuk latihan soal secara kontinyu. setiap hari usahakan untuk selalu latihan mengerjakan soal minimal satu jam. soal-soal latihan cpns bisa kalian dapatkan di toko buku ataupun soft file pdf dari internet. kontiyuitas adalah koentji wwkwkkw. 

waktu itu gw hanya belajar dari salah satu buku kumpulan soal tryout cpns yang gw download gratis di internet. gw belajar sehari 2 kali dalam kurun waktu yang ga lama. gw tiap hari latihan soal waktu jam istirahat kantor yang cuman sejam. plus sepulang ngantor yang paling juga cuman sejam. jangan lupa kalo latihan ngerjakan tryout kalian siap timer/stopwatch yes. kalian ukur waktu dan akurasi jawaban kalian. jadi gw ga beli buku tes cpns yang tebel-tebel dan mahal itu wkwkwk. 

tips dalam mengerjakan test SKD dari gw adalah. Tenang, jangan tergesa-gesa tapi jangan terlalu santai juga, selalu perhatikan timer soal, jawablah semua soal kalau tidak ada pengurangan skor untuk jawaban salah. jangan dibuat beban (harus lulus, pengen banget jadi pns). gausah ekspektasi apa-apa demi kesehatwarasan pikiran dan mental wkwkwk. fokus aja mengerjakan dan memilih jawaban terbaik.

setelah skor kalian muncul di layar komputer, jangan lupa untuk mencatat/mengingat yes 

---- SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)

perlu diketahui bahwa setelah semua peserta mengikuti SKD, akan dilakukan perankingan sesuai dengan formasi yang dilamar. dan yang berhak untuk maju ke tahap berikutnya yakni SKB adalah mereka yang skornya menduduki peringkat tertinggi. Jumlah peringkat tertinggi yang diambil sebanyak 3 x jumlah formasi yang dibutuhkan. (Mungkin beda tahun beda peraturan) 

misalkan untuk formasi yang gw lamar membutuhkan formasi sebanyak 11 orang. Maka ketika perankingan skor SKD akan diambil 33 orang dengan skor SKD tertinggi untuk lanjut ke tahap SKB.

yang diuji dalam SKB berbeda dengan SKD. kalau SKD materinya lebih general, sedangkan SKB fokus pada bidang yang sedang kelen lamar. Karena berdasarkan bidang masing-masing. mekanisme serta materi setiap instansi pasti berbeda. yang bakal gw ceritakan dibawah ini adalah khusus Kementerian Agama dan formasi guru yakss... 

Jadi SKB Kemenag untuk formasi guru pada zaman gw itu ada 3 tahap

1. Paper Based Test

2. Interview

3. Micro teaching

untuk yang paper based. waktu itu materi ujiannya kurang lebih sama seperti materi TIU, cuman medianya udah ga pake komputer lagi, tapi pake kertas dan pensil 2B kek zaman kita ujian sekolah dulu wkwkwk.

tes kedua yakni interview. jadi waktu itu setiap peserta akan dihadapkan pada dua orang penanya/interviewer. Pertanyaannya apa aja? gw ga terlalu inget detail pertanyaannya sih wkwkwk. intinya beberapa pertanyaan berpusat pada moderasi beragama, kerukunan antar suku bangsa dan agama. karena ini Kemenag, so pasti ada pertanyaan seputar keagamaan kaya surah pendek, menulis arab, mengartikan ayat wkwkw. selebihnya pertanyaan seputar pribadi kita, point of view kita tentang isu terkini/ketika menghadapi masalah.

tips dari gw untuk tahap interview adalah, percaya diri. berpenampilan rapi. attitude sopan dan ramah. tidak duduk sebelum dipersilahkan. membawa dokumen pendukung yang bisa menunjukkan prestasi atau kelebihan kalian. jika kalian punya karya tulis atau karya apapun dalam bentuk tulisan, bawalah. dan yang terakhir, jawab setiap pertanyaan dengan tenang dan sebijak mungkin. udah sih itu aja wkwkwk

tes terakhir dan yang paling gw takutin adalah micro teaching T.T

waktu itu yang menjadi penguji gw ada 3 orang yang amat sangat expert di bidangnya. tbh gw dibantai total sama beliau wkwkwk. wajar aja sih. karena gw gatau apapun tentang dunia pendidikan. gw gapunya pengalaman mengajar. gw tahunya alur export yang tentunya ga kepake waktu micro teaching.

dari rumah gw siap dengan lesson plan yang simple banget nget nget. gw juga minim research tentang dunia pendidikan dan kesalahan ini sangat amat fatal, karena gw gabisa jawab banyak pertanyaan dari penguji tentang teori pendidikan. Seperti apa itu metode role playing, apa itu KI, KD, komponen RPP wkwkwk. Dan bener aja, ketika pengumuman SKB keluar, skor gw yang paling rendah adalah di micro teaching

tips dari gw untuk test seleksi bidang adalah kayak judul lagunya Greenday "Know your enemy" ngoahaha. jadi kelen harus bener2 paham medan perang, kalian harus tau seluk beluk formasi yang kalian lamar. Pelajari setiap detail dan banyak research. Itu aja sih

Oiya, untuk tahap akhir pengumuman nantinya skor akan terintegrasi. Jadi skor kelen saat SKD dan SKB akan digabungin jadi 1 kemudian di rank tuh. Tentunya yang rank tertinggi yang bakal lolos. Seinget gw (kalo gw salah tegor ya wkwk) di zaman gw integrasi skor SKD itu 40% dan SKB 60%. Ini juga nih yang penting untuk diperhatikan. Kelen harus maksimal di semua tes, paling engga ada satu test yang kalian bagus banget biar bisa "nolong" nilai test kalian yang jelek.

Gw tadi udah bilang kalo di micro teaching skor gw jelek banget kan, untungnya ini ketolong sama skor SKD gw yang lumayan waktu itu. Jadi skor gw masih lumayan cukup untuk masuk ranking lulus. 

Untuk penutup dari gw, orang yang mengandalkan keberuntungan. sebelum lu berangkat test selalu minta doa dari siapapun itu, terutama ortu. dan jangan lupa sarapan! karena kita gabisa mengalahkan musuh dengan perut kelaparan.

semoga tulisan ini bisa memberikan kalian gambaran ttg test cpns (gw nulis ini sejak 2019 baru selesai dan publish 2023.. ngoaahahah ancur tenan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar